Penyebaran "Virus" iPhone Berhasil Dihentikan

KOMPAS.com - Pembuat malware Wirelurker yang menyasar gadget buatan Apple dilaporkan telah ditangkap aparat setempat. Dikutip KompasTekno dari ZDNet, Selasa (18/11/2014), sebanyak tiga tersangka pembuat malware tersebut telah diamankan biro keamanan publik Beijing, Tiongkok.

Pengguna iPhone terutama di Tiongkok pun patut lega karena keberhasilan penangkapan ini sekaligus menghentikan penyebaran malware yang pertama kali terdeteksi pada awal November lalu. 

WireLurker sendiri diketahui berasal dari Tiongkok. Wirelurker pertama kali ditemukan oleh perusahaan analis keamanan Palo Alto Networks.

Palo Alto Networks menyebut malware Wirelurker sebagai program jahat pertama yang berhasil menembus keamanan ketat sistem software iPhone. 

Malware menyebar lewat aplikasi yang diunggah dari toko aplikasi pihak ketiga, Maiyadi App Store. Sekali komputer desktop terkena WireLurker, malware akan menginfeksi setiap iPhone yang terhubung via kabel USB.

Malware ini dapat mencuri "berbagai jenis informasi" dari gadget Apple yang terinfeksi dan secara teratur meminta pembaruan dari server penyerang.

Related Posts:

0 Response to "Penyebaran "Virus" iPhone Berhasil Dihentikan"

Posting Komentar